CLICK HERE FOR BLOGGER TEMPLATES AND MYSPACE LAYOUTS

Sunday, March 29, 2009

Day 05 | One Face and the Other

God has given you one face,

and you make yourself another. - William Shakespeare

Banyak manusia yang lupa untuk bersikap jujur dengan kesederhanaan dan kekurangan yang menempel di badannya dan kesehariannya, salah satunya adalah saya. Selalu berpikir dirinya lebih sempurna dari orang yang dia pikir tidak lebih sempurna dari dirinya. Tidak sedikit pun dia menyadari bahwa kadang kala tindakannya juga meninggalkan kesan kurang pantas di benak orang yang dia pikir tidak lebih sempurna dari dirinya. Lupa bahwa dirinya juga memberlakukan standar ganda untuk banyak hal. 

Kita terkadang malah terlalu berkerja keras untuk membuktikan sesuatu hal yang tidak perlu selalu diungkapkan dengan tumpukan kata-kata intelek yang mungkin hanya akan membikin penat, dan membuang waktu percuma. Tunjukkanlah dengan sikap, tanpa segudang kata-kata. Banyak orang saya yakin memiliki kemampuan untuk menilai isi diri kita sesungguhnya dan menilai bahwa yang terlihat adalah sebuah skenario fiktif akan sebuah sosok yang semu.

Berlakukanlah sikap sederhana dan rendah hati (bukan rendah diri) ketika kita menyikapi setiap kelebihan dan ketika kita meraih keberhasilan. Praktekkanlah kejujuran, ungkapkan rasa keberatan dan kekecewaan kepada mereka yang terkait dengan cara yang beradab, atau terimalah saja dengan ikhlas. Tetapi, jangan menyebarkan konsep diri seputar rasa keberatan dan kekecewaan kita, dan menyumbang kepada berkembangnya sikap penuh kebencian. Terlintas sejenak di kepala, binatang pun mungkin dapat menyortir manusia mana yang memilki sikap seperti ini dan mana yang tidak.

Sebelumnya mohon maaf seandainya saya menyinggung siapapun yang membaca tulisan ini. Saya hanya sedang melakukan evaluasi diri.

Cita-cita saya yang akan saya terus upayakan hingga waktu saya berpulang tiba:

Jangan buat perilaku - menyebarkan ketidaksempurnaan manusia lainnya - menjadi salah satu ketidaksempurnaan kita. 

Selalu ingat bahwa banyak sisi dari suatu cerita.

Lebih banyaklah mendengar, daripada berbicara.

Jauhkan sikap menggurui. 

Hiduplah selalu dengan sikap sederhana.

To be continued - maybe.

0 comments: